cover
Contact Name
Sigit Apriyanto
Contact Email
info@jcopublishing.com
Phone
+6281215263928
Journal Mail Official
info@jcopublishing.com
Editorial Address
Jl. R. Fatah, No. 50, RT3/4, Sidamulya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Published by CV. Tripe Konsultan
Core Subject : Education, Social,
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal Insan Cendikia memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, dan hal yang bersentuhan dengan Sekolah Dasar.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Oktober" : 4 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI MENGURUTKAN PECAHAN SISWA KELAS VI SD NEGERI MAJINGKLAK 01 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Kartum Kartum
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.623 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v2i2.38

Abstract

Tujuan penelitian secara umum yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Mengurutkan Pecahan di Kelas VI SDN Majingklak 01 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap melalui penggunaan penerapan model pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Kelas merupakan studi yang sistematis dilakukan dalam upaya memperbaiki praktek-praktek dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis secara refleksi. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan pembahasan hasil penelitian, adalah sebagai barikut: Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran matematika tentang materi Mengurutkan Pecahan melalui model pembelajaran konstruktivisme mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 74, pada siklus II meningkat menjadi 78.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI WANAREJA 03 Jajang Ruspandi
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.811 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v2i2.39

Abstract

Masalah yang menjadi fokus perbaikan adalah: (1) Kurangnya keaktifan siswa kelas VI SDN Wanareja 03 pada pembelajaran IPS kompetensi dasar dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat. (2) Rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN Wanareja 03 pada pembelajaran IPS kompetensi dasar dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaarn IPS melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw bagi siswa SD Negeri Wanareja 03 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw bagi siswa SD Negeri Wanareja 03 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Penelitian ini melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari kondisi awal hingga pelaksanaan perbaikan pada siklus II terdapat peningkatan ketuntasan siswa dari 70% dalam siklus I menjadi 90% dalam siklus II atau meningkat 20%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat 25% yaitu 75% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Dari hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar IPS tentang dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN SISTEM BANTUAN GARIS KONVERSI SATUAN VOLUME UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN VOLUME DAN DEBIT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SIDAMULYA 01 Feny Dwi Indriana Ary
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.871 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v2i2.40

Abstract

Latar belakang penelitian adalah nilai ulangan Matematika tentang satuan volume dan debit siswa kelas VI SDN Sidamulya 01 awalnya rendah. Siswa tuntas belajar 15 (45,45 %) sedangkan 18 ( 54,55%) belum tuntas. Aktivitas siswa juga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan sistem bantuan garis konversi satuan volume dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika tentang Satuan Volume dan Debit di Kelas VI. Pelaksana perbaikan siklus 1 tanggal 17 dan 18 Oktober 2018 sedangkan siklus tanggal 24 dan 25 Oktober 2018. Hasilnya menunjukkan keaktifan dan hasil belajar meningkat. Siklus 1 kekatifan 70,55% meningkat jadi 86,04 pada siklus 2. Ketuntasan belajar studi awal 45,45%, siklus 1 66,67% dan siklus 2 87,88%. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Two stay Two Stray dengan sistem bantuan garis konversi satuan volume dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI KELAS VI SD NEGERI WANAREJA 04 KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Windarsih Windarsih
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.727 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v2i2.41

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection). Penelitian ini bertujuan: (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Wanareja 04 Kecamatan Wanareja dalam pembelajaran IPA tentang rangkaian listrik dengan menggunakan metode eksperimen. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri Wanareja 04 dalam pembelajaran IPA tentang rangkaian listrik dengan menggunakan metode eksperimen. Dari hasil analisis data berdasarkan data dari masing-masing perbaikan pembelajaran diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi rangkaian listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan perbaikan yang dilakukan menunjukkan keaktifan siswa terhadap pembelajaran mencapai 79%, kerjasama mencapai 83%, ketekunan siswa dalam pembelajaran mencapai 83%, dan perhatian siswa mencapai 83%. Secara keseluruhan aktifitas siswa dalam pembelajaran mencapai 82%. (2). Adapun hasil dari pembelajaran siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 57 sedangkan ketuntasan belajar siswa mencapai 29%. Setelah dilakukan intervensi siklus II melalui penggunaan metode eksperimen hasilnya ketuntasan belajar siswa mencapai 95%, dan nilai rata-rata mencapai 76. Berdasar hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar para guru dalam pembelajaran hendaknya berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator dan pandai dalam memilih teknik dan pendekatan sehingga pembelajaran menjadi pengalaman belajar yang positif bagi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 4